PEMBERDAYAAN KEWIRAUSAHAAN ANGGOTA KOMISI WARGA DEWASA GKJ MOJOSONGO SURAKARTA MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN PUPUK ORGANIK DARI LIMBAH RUMAH TANGGA

Authors

  • SUNDARI Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • NOVEMY TRIYANDARI NUGROHO Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

eco enzyme, kewirausahaan, pupuk organik

Abstract

Pada masa sekarang ini berbagai macam hal dari alam bahkan yang merupakan limbah bisa dikembangkan menjadi produk kewirausahaan, salah satu contohnya adalah pembuatan eco enzyme. Eco enzyme merupakan salah satu produk dari sisa organik yang memiliki banyak manfaat.

Banyak dari jemaat yang merupakan ibu rumah tangga dan ada banyak jamaat yang sudah memasuki usia lanjut atau usia pensiun tetapi masih produktif dalam menghasilkan sebuah karya, dari sinilah kemudian tim mencoba untuk memberikan pelatihan kewirausahaan tentang pembuatan eco enzyme.

Tujuan pendampingan ini adalah agar mitra mampu memperoleh penghasilan tambahan dengan berwirausaha membuat eco enzyme dengan mebolah limah rumah tangga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Handayani, D., Kusuma, E., Puspitasari, R. A. H., & Nastiti, A. D. (2022). Pemanfaatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (Krpl) Dalam Mengurangi Kejadian Stunting Yang Berwawasan Agronursing Di Kawasan Pesisir Desa Watuprapat Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 5(April), 1164 1171.

Ilyas, S. N., & Sugianto, A. (2022). Pemberdayaan Potensi Masyarakat Melalui Pengelolaan Kebun Gizi Di Dukuh Trenceng Mrican Ponorogo. Prosiding Kolaborasi Dosen Dan Mahasiswa 2022, 106–111.

Jannah, M., Ratri, R., Kurniawati, L., Kesehatan, J., & Jember, P. N. (2021). Pelatihan Pembuatan Kebun Gizi Dan Kebun Toga Pada Kader Dan Ibu Balita Posyandu Kartini Ii, Desa Lempeni, Kabupaten Lumajang. Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4, 1049–1054.

Kurniasih, E. D., & Adianto, J. (2018). Kebun Gizi Sebagai Strategi Berbasis Masyarakat Untuk Memenuhi Kebutuhan Konsumsi. Berita Kedokteran Masyarakat , 34(2), 93–97.

Nadiyah, Briawan, D., & Martianto, D. (2014). Faktor Risiko Stunting Pada Anak Usia 23 Bulan Di Provinsi Bali, Jawa Barat, Dan Nusa Tenggara Timur. Jurnal Gizi Dan Pangan,9(2), 125–132.

Noviani, N. E., Salmiyati, S., & Nugraheni, A. (2020). Sosialisasi Dan Pembibitan Kebun Gizi Vertiminaponik Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan Di Desa Tuksono , Sentolo ,.The 11th University Research Colloquium 2020, 171–176.

Sumartini, E. (2020). Studi Literatur: Dampak Stunting Terhadap Kemampuan Kognitif Anak. Peran Tenaga Kesehatan Dalam Menurunkan Kejadian Stunting, 127–134.

Zogara, A. U., & Pantaleon, M. G. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Stunting Pada Balita. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, April, 85–92.

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

SUNDARI, & NOVEMY TRIYANDARI NUGROHO. (2024). PEMBERDAYAAN KEWIRAUSAHAAN ANGGOTA KOMISI WARGA DEWASA GKJ MOJOSONGO SURAKARTA MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN PUPUK ORGANIK DARI LIMBAH RUMAH TANGGA. KRIDA CENDEKIA, 3(01). Retrieved from http://kridacendekia.com/index.php/jkc/article/view/163