PENERAPAN POJOK BACA DALAM UPAYA MENINGKATKAN LITERASI SISWA-SISWI SD KRISTEN 01 SALATIGA

Authors

  • INTAN FERANITA Prodi Sosiologi, Universitas Kristen Satya Wacana
  • ELLY ESRA KUDUBUN Prodi Sosiologi, Universitas Kristen Satya Wacana

Keywords:

Literasi, Pojok Baca, Siswa-siswi SD

Abstract

Pendidikan di Indonesia memiliki peringkat yang masih rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Penyebab rendahnya Pendidikan di Indonesia ini antara lain adanya krisi pandemi global, literasi masyarakat yang masih rendah. Berhubung krisis pandemi Covid-19 sudah mulai berkurang, meningkatkan literasi akan menjadi fokus yang utama untuk meningkatkan kualitas siswa. Upaya yang dilakukan yaitu dengan penerapan Pojok Baca yang dapat meningkatkan literasi masyarakat yang dimulai dari bangku sekolah yaitu siswa-siswi sekolah dasar. Pojok Baca ini dibuat semudah mungkin untuk aksesnya karena ada di dalam kelas, sehingga siswa-siswi dapat membaca buku lebih banyak ketika ada waktu luang. Selain itu untuk memaksimalkan Pojok Baca siswa-siswi diberi waktu 10 menit untuk membaca buku-buku yang ada dipojok baca, tidak hanya diberi waktu tapi juga ada pendampingan untuk memaksimalkan literasi siswa-siswi. Dalam upaya Pojok Baca diharapakan nantinya literasi siswa-siswi SD Kristen 01 Salatiga ini menjadi lebih baik dan dapat meningkatkan tingkat Pendidikan di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Febdia Pradani, Y., Rozak Umar, M. A., Anggraeni, A. D., & Lestari, Y. P. (2022). Meningkatkan Budaya Literasi di Era Digital Melalui Pojok Baca Lentera Ilmu di Desa Sengguruh. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 89–98. https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1203

Febriansah, F., Aryanto, S., Widayani, Y., Priyantara, K., & Fahmi, L. (t.t.). HATI BERIMAN Majalah Berita Kota Salatiga.

Kusuma Aryani, I., Wijarnako, B., Dyah Purwandari Pendampingan Usaha Mikro Pengolahan Kue Di Desa Lamgapang Kecamatan Krueng Barona Jaya Aceh Besar, R., Masyarakat Melalui Penyuluhan Inovasi Pengolahan Singkong Dan Opak Sebagai Upaya Pengembangan Produk Unggulan Di Desa Bleberan Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto, P., Wahyuni Istiqomah, I., Martha Mahendra Implementasi Mesin Sanggai Pada Pengawetan Terung Pirus Sebagai Produk Ekonomi Kreatif Desa Sungai Lintang, A., Aminoto, T., Martino, D., Nurfathiyah, P., Berthalita Pujaningsih, F., Lestari, N., Prima Sari, M., Yurnetti, Y., Susianna, N., Astuti, P., Putri Cahya Buani, D., Nuraeni, N., Ispandi, I., Yulia Hayuningtyas, R., … Aprilianto, T. (t.t.). Pelatihan Pengenalan Lesson Study di Sekolah Dasar: Komentar Reflektif Guru Terhadap Pembelajaran IPA 42-57 Pelatihan Pembuatan Poster dengan Menggunakan Microsoft Power Point Bagi Ibu-Ibu Majlis Taklim Hidayatullah Mubtabin Tangerang 58-63.

Novi Primiani, C. (t.t.). Program Pojok Baca Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Di Desa.

Pendidikan, K., TEKNOLOGI BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAN PERBUKUAN PUSAT KURIKULUM DAN PERBUKUAN Satuan PAUD Buku Panduan Guru, D., & Aditya Suryawati Muhammad Akkas, E. (t.t.). Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar.

Pendidikan, K., Teknologi Direktorat, D., Paud, J., Dasar, P., & Menengah, D. P. (t.t.). MODUL LITERASI NUMERASI DI SEKOLAH DASAR.

PENGUATAN LITERASI, NUMERASI, DAN ADAPTASI TEKNOLOGI PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH (Sebuah Upaya Menghadapi Era Digital dan Disrupsi). (t.t.).

Peningkatan Budaya Literasi melalui Kegiatan Pojok Baca di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu. (t.t.).

Rizky Anisa, A., Aprila Ipungkarti, A., & Kayla Nur Saffanah, dan. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Dalam Conference Series Journal (Vol. 01).

Sekolah, D. I., Kementerian Pendidikan, D., & Kebudayaan, D. (2021). PANDUAN PENGUATAN.

THE IMPORTANCE OF LITERACY FOR THE MILLENNIAL GENERATION THE IMPORTANCE OF LITERACY. (t.t.). https://www.researchgate.net/publication/346442226

Downloads

Published

2023-01-08

How to Cite

INTAN FERANITA, & ELLY ESRA KUDUBUN. (2023). PENERAPAN POJOK BACA DALAM UPAYA MENINGKATKAN LITERASI SISWA-SISWI SD KRISTEN 01 SALATIGA. KRIDA CENDEKIA, 1(10). Retrieved from https://kridacendekia.com/index.php/jkc/article/view/108