PENGUATAN PEMBELAJARAN SISWA SD DI DUSUN NGAGLIK DESA JLAREM

Authors

  • RIDHO RIFKI AKBAR FAUZI Universitas Boyolali
  • MUTIARA Universitas Boyolali
  • DADIT EKO DARMANTO Universitas Boyolali
  • MIFTAH NUR HIDAYAT Universitas Boyolali
  • AHMAD KHOIRUL ANWAR Universitas Boyolali
  • MISKLI AMBARWATI Universitas Boyolali
  • ANIS WATUL KHASANAH Universitas Boyolali
  • DANUR WANDONO Universitas Boyolali
  • HARYADI Universitas Boyolali
  • ALIFIYA PUTRI DAMAYANTI Universitas Boyolali
  • TRI ADI PURNOMO Universitas Boyolali
  • YENI NUR HIDAYATI Universitas Boyolali
  • TOPAN SETIAWAN Universitas Boyolali
  • ETTY SRI HERTINI Universitas Boyolali
  • ALEAN KISTIANI HEGY SURYANA Universitas Boyolali

Keywords:

belajar, motivasi belajar, sekolah dasar

Abstract

meningkatkan prestasi akademik siswa sesuai dengan upaya dan kemampuan mereka masing-masing. Dengan demikian, fungsi utama dari bimbingan belajar (layanan pembelajaran) adalah fungsi pemeliharaan dan pengembangan bagi siswa di sekolah Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana motivasi siswa dalam belajar. Dengan demikian, kami dapat mengetahui sejauh mana pengetahuan yang telah didapatkan siswa di sekolah dengan begitu menemukan solusi agar menguatkan minat belajar siswa. Model atau pendekatan yang digunakan dalam menjalankan program ini adalah pendekatan pada peserta didik sekolah dan pendekatan kepada pendidik untuk datang ke posko guna belajar bersama dan menjalankan program tersebut. Peserta didik yang terlibat dalam program bimbingan malam ini adalah siswa siswi taman kanak-kanak, dan sekolah dasar. Mahasiswa Universitas Boyolali ini menerima siapa saja yang ingin belajar serta menuntut ilmu, dan program ini dilakukan secara gratis.Dalam upaya pemberian motivasi untuk belajar pada siswa yaitu dengan hasil belajar mengalami kemajuan siswa pasti akan berusaha mempertahankan nilai nya. Pemberian hadiah pada siswa dapat menjadi motivasi yang kuat untuk menarik suatu bidang tertentu.Pada prinsipnya setiap siswa memiliki hak memperoleh peluang untuk mencapai kinerja akademik yang memuaskan. Sementara itu, penyelenggaraan pendidikan di sekolah pada umumnya lebih ditujukan pada siswa yang berkemampuan rata-rata sehingga yang berkemampuan kurang menjadi terabaikan.suatu individu maupun kelompok yang menjadikan sarana untuk meningkatkan motivasi belajar Sehingga yang nilai ulangan maupun nilai raport yang baik itu bagi siswa merupakan motivasi yang sangat kuat dan siswa akan terdorong untuk belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggina, A., Mahyani, A., Fadilah, S., & Ayumi, S. N. (2022). Motivasi Guru Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Disekolah. IKAMAS: Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen dan Strategi, 2(1), 76-81.

Firdaus, C. C., Mauludyana, B. G., & Purwanti, K. N. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar di SD Negeri Curug Kulon 2 Kabupaten Tangerang. PENSA, 2(1), 43-52.

Prasetya, I., Ulima, E. T., Jayanti, I. D., Pangestu, S. G., Anggraeni, R., & Arfiah, S. (2019). Kegiatan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelurahan Bolong Karanganyar. Buletin KKNDik, 1(1), 30-34.

Sanjaya, P. (2021). Pentingnya Motivasi Intrinsik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu. Haridracarya: Jurnal Pendidikan Agama Hindu, 1(2), 101-110.

Suharni, S. (2021). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172-184.

Suprihatin, S. (2019). Pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe two stay two stray (ts-ts) terhadap hasil belajar mahasiswa ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro. Jurnal Promosi Program Studi Pendidikan Ekonomi, 7(1).

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

RIDHO RIFKI AKBAR FAUZI, MUTIARA, DADIT EKO DARMANTO, MIFTAH NUR HIDAYAT, AHMAD KHOIRUL ANWAR, MISKLI AMBARWATI, ANIS WATUL KHASANAH, DANUR WANDONO, HARYADI, ALIFIYA PUTRI DAMAYANTI, TRI ADI PURNOMO, YENI NUR HIDAYATI, TOPAN SETIAWAN, ETTY SRI HERTINI, & ALEAN KISTIANI HEGY SURYANA. (2024). PENGUATAN PEMBELAJARAN SISWA SD DI DUSUN NGAGLIK DESA JLAREM. KRIDA CENDEKIA, 3(03). Retrieved from https://kridacendekia.com/index.php/jkc/article/view/218

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>