SOSIALISASI PENTINGNYA PENDIDIKAN KEBERSIHAN DIRI PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • KASMIATI KASMIATI UNIVERSITAS JAMBI

Keywords:

Kebersihan, lingkungan, usia dini, pendidikan

Abstract

Konstruksi kesadaran mengenai urgensi menjaga kebersihan diri dan lingkungan  harus ditanamkan sedini mungkin pada anak-anak. Anak anak menjadi subjek yang penting untuk dibangun kesadaran dan kebiasaannya untuk hidup bersih baik diri maupun lingkungannya. Hal itu harus ditanamkan oleh orang tua, yang menjadi guru pertama dan utama bagi anak - anak.  Orang tua wajib membiasakan anak mereka untuk hidup bersih dan sehat yang dapat kita mulai dari hal-hal kecil dan sederhana. Misalnya membiasakan untuk merapikan temat tidur, menyapu halaman, mencuci tangan, menggosok gigi,dan selalu membiasakan diri  membuang sampah pada tempatnya.

Dari realitas simpel tersebut para orang tua dapat memulai untuk menciptakan lingkungan rumah dan sekitar yang bersih dan sehat. Sasaran dari pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah ibu ibu orang tua anak usia dini di kota Jambi.  Kegiatan yang dilakukan diantaranya penyampaian materi mengenai kebersihan kamar tidur, sekitar rumah dan untuk kebersihan diri materinya adalah cara mencuci tangan yang baik dan benar, menggosok gigi yang benar. Pada materi kesehatan diri disampaikan mengenai penyakit yang akan diderita jika tidak menjaga kebersihan diri.  Akhirnya aktivitas ini mendapat tanggapan atau  respons yang luar biasa dari orang tua anak-anak usia dini tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ilmi., VM. Nikmatur., R. Mohammad., AH. 2015.Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode Bernyanyi TerhadaPerilaku Mencuci Tangan Anak Prasekolah (3-6 Tahun) Di TKRA PerwanidaKrangkongan.

Soemiarti. 2002. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Atabik., A &Ahmad., B. (2015). Prinsip dan Metode Pendidikan Anak Usia Dini. JurusanTarbiyah STAIN Kudus.

Sarinasiti, (2018).Analisis Pengetahuan Perilaku Hidup Sehat Dan Pemanfaatan Puskesmas .JurnalKesehatan Masyarakat.8 (1).

Desiyanto dan Djannah (2013) ‗Efektivitas Mencuci Tangan Menggunakan Cairan Pembersih tanganAntiseptik (Hand Sanitized) Terhadap Jumlah Angka Kuman. Yearbook of medical informatics. 27(1), pp. 10–15. doi: 10.1055/s-0038-1641193.

Kemenkes.2014. Situasi Kesehatan Gigi dan Mulut.Pusat Data dan Informasi Kesehatan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Avoanita Yosa &Erni Gultom. 2016. Analisis Pengaruh Penggunaan Media Komunikasi Dalam Penyuluhan Kesehatan Gigi Terhadap Derajat Kebersihan Gigi Dan Mulut Pada Siswa SDN WayHarong Kecamatan Way Lima. Jurnal Analis Kesehatan Polteknik KesehatanTanjung Karang.Vol.5 Nomor 2.

Desiyanto dan Djannah (2013) ‗Efektivitas Mencuci Tangan Menggunakan Cairan Pembersih tanganAntiseptik (Hand Sanitized) Terhadap Jumlah Angka Kuman. Yearbook of medical informatics. 27(1), pp. 10–15. doi: 10.1055/s-0038-164119

Downloads

Published

2023-04-25

How to Cite

KASMIATI, K. (2023). SOSIALISASI PENTINGNYA PENDIDIKAN KEBERSIHAN DIRI PADA ANAK USIA DINI . KRIDA CENDEKIA, 2(01). Retrieved from http://kridacendekia.com/index.php/jkc/article/view/118

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.