INOVASI PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIK RUMAH TANGGA: PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR UNTUK MENINGKATKAN LAJU PERTUMBUHAN PADA TANAMAN

Authors

  • DIAN PISCESTA FEBRIANI Universitas Boyolali
  • YA'QUB SULAIMAN HARSONO PUTRA Universitas Boyolali
  • ABDUL AZIZ PAMUNGKAS Universitas Boyolali
  • MUHAMMAD ZIDAN SYAHRIO Universitas Boyolali
  • AHMAD AHSIN Universitas Boyolali
  • SYAFIQ AL'AFIF SETIA A Universitas Boyolali
  • PURNAMA ADI PUTRA Universitas Boyolali
  • DINANTO Universitas Boyolali
  • YUNITA RAHMAWATI Universitas Boyolali
  • AZZAHRA ASTRID INGGITA Universitas Boyolali
  • RINA SARI Universitas Boyolali
  • SIGIT MURYANTO Universitas Boyolali
  • YUNITA NIQRISAH DWI PRATIWI Universitas Boyolali
  • ARI WAHYONO Universitas Boyolali

Keywords:

pupuk organik cair,sampah organik,limbah rumah tangga,pengelolaan sampah,pemanfaatan sampah.

Abstract

Sampah merupakan permasalahan yang seringkali dialami oleh masyarakat khususnya sampah rumah tangga.Dusun Wates desa seboto,kecamatan gladaksari,Boyolali juga mengalami masalah yang sama mengenai sampah yang diabaikan dan dibuang sembarangan disebabkan tidak adanya tempat pembuangan sampah dan kurangnya kesadaran masyarakat setempat sehingga berdampak buruk bagi lingkungan sekitar .Dalam program pengabdian KKN 09 seboto universitas Boyolali ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan kesadaran masyarakat dengan pengelolaan limbah rumah tangga menjadi pupuk organik cair,dengan adanya program pengabdian ini menghasilkan peralatan pembuatan pupuk organik cair dengan bahan baku limbah rumah tangga dengan memanfaatkan mikroorganisme pgpr ( planth growth promoting rizhobacteria ),air sisa beras atau leri dan juga air hasil kompos sisa makanan yaitu Lindi dicampurkan pada kotoran hewan yang difermentasikan .Hasil uji coba menghasilkan pupuk organik cair yang dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk kesuburan tanah dan tingkat laju pertumbuhan pada tanaman. Dengan adanya hasil pupuk organik cair ini diharapkan dapat mengurangi penggunaan pupuk kimia pada tanaman yang membahayakan bagi kesehatan dan juga solusi mengurangi sampah yang dibuang sembarangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Krisnani, H., Humaedi, S., Ferdryansyah, M., Asiah, D. H. S., Basar, G. G. K., Sulastri, S. R. I., & Mulyana, N. 2017. Perubahan Pola Pikir Masyarakat Mengenai Sampah Melalui Pengolahan Sampah Organik Dan Non Organik Di Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kab. Sumedang. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 281–289.I Wayan Cong Sujana. "Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia." ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 2019: 29-39.

Aisyah, S., Fadilah, S., Harta, R., & Karyana, A. 2018. Pengelolaan Bank Sampah Berbasis Masyarakat Sebagai Upaya Menjaga Sanitasi Lingkungan Desa. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2018 (Senmaster 2018) (pp. 1–8). Universitas Terbuka.

Peraturan Pemerintah No. 81 Tahun 2012.

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. Krisnani, H., Humaedi, S.,

Downloads

Published

2024-09-13

How to Cite

DIAN PISCESTA FEBRIANI, YA’QUB SULAIMAN HARSONO PUTRA, ABDUL AZIZ PAMUNGKAS, MUHAMMAD ZIDAN SYAHRIO, AHMAD AHSIN, SYAFIQ AL’AFIF SETIA A, PURNAMA ADI PUTRA, DINANTO, YUNITA RAHMAWATI, AZZAHRA ASTRID INGGITA, RINA SARI, SIGIT MURYANTO, YUNITA NIQRISAH DWI PRATIWI, & ARI WAHYONO. (2024). INOVASI PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIK RUMAH TANGGA: PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR UNTUK MENINGKATKAN LAJU PERTUMBUHAN PADA TANAMAN. KRIDA CENDEKIA, 3(03). Retrieved from https://kridacendekia.com/index.php/jkc/article/view/205

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>