PENGENALAN URGENSI PENDIDIKAN KEBERSIHAN DAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • KASMIATI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAMBI

Keywords:

Kebersihan, lingkungan, usia dini, pendidikan.

Abstract

Bangunan  kesadaran mengenai urgensi menjaga kebersihan lingkungan harus ditanamkan dengan kuat sedini mungkin. Anak anak merupakan subjek yang penting untuk dibangun dengan kuat kesadaran dan kebiasaannya untuk hidup bersih  diri dan lingkungannya. Hal itu harus ditanamkan dengan kuat oleh orang tua mereka masing masing , yang menjadi guru utama dan pertama dan utama bagi anak - anak. Orang tua wajib membiasakan anak mereka untuk hidup bersih dan sehat yang dapat kita mulai dari hal-hal kecil dan sederhana. Misalnya membiasakan untuk merapikan temat tidur, menyapu halaman, dan selalu membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya.Dari realitas simpel tersebut para orang tua dapat memulai untuk menciptakan lingkungan rumah dan sekitar yang bersih dan sehat. Sasaran dari pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah ibu ibu orang tua anak usia dini di kota Jambi. Kegiatan yang dilakukan diantaranya penyampaian materi mengenai kebersihan kamar tidur, sekitar  rumah dan untuk kebersihan diri materinya adalah cara mencuci tangan yang baik dan benar, menggosok gigi yang benar. Pada materi kesehatan diri disampaikan mengenai penyakit yang akan diderita jika tidak menjaga kebersihan diri. Akhirnya aktivitas ini mendapat tanggapan atau respons yang luar biasa dari orang tua anak-anak usia dini tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ilmi., VM. Nikmatur., R. Mohammad., AH. 2015.Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode Bernyanyi TerhadaPerilaku Mencuci Tangan Anak Prasekolah (3- 6 Tahun) Di TKRA PerwanidaKrangkongan.

Soemiarti. 2002. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Atabik., A &Ahmad., B. (2015). Prinsip dan Metode Pendidikan Anak Usia Dini.

JurusanTarbiyah STAIN Kudus.

Sarinasiti, (2018).Analisis Pengetahuan Perilaku Hidup Sehat Dan Pemanfaatan Puskesmas .JurnalKesehatan Masyarakat.8 (1).

Desiyanto dan Djannah (2013) ‗Efektivitas Mencuci Tangan Menggunakan Cairan Pembersih tanganAntiseptik (Hand Sanitized) Terhadap Jumlah Angka Kuman. Yearbook of medical informatics. 27(1), pp. 10–15. doi: 10.1055/s-0038-1641193.

Kemenkes.2014. Situasi Kesehatan Gigi dan Mulut.Pusat Data dan Informasi Kesehatan. KementerianKesehatan Republik Indonesia.

Downloads

Published

2024-06-11

How to Cite

KASMIATI. (2024). PENGENALAN URGENSI PENDIDIKAN KEBERSIHAN DAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN PADA ANAK USIA DINI. KRIDA CENDEKIA, 3(01). Retrieved from http://kridacendekia.com/index.php/jkc/article/view/165