PEMANFAATAN LIMBAH BOTOL KACA MENJADI ASBAK YANG BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT

Authors

  • LUKI SRI AANGGORO Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Boyolali
  • VICKY HANGGARA Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Boyolali
  • ARY PRAWANINGRUM Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Boyolali
  • WAHYU SLAMET PRIHATIN Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Boyolali
  • KURNIAWAN WAHYU SAPUTRA Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Boyolali
  • ARRIF WAHYUDI Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Boyolali

Keywords:

pemanfaatan limbah, asbak, pengabdian masyarakat, keterlibatan masyarakat, pendapatan masyarakat.

Abstract

Pemanfaatan limbah botol kaca menjadi asbak adalah salah satu teknik yang paling efektif untuk mengurangi jumlah sampah dan meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam mengelola limbah. Dalam kegiatan pengabdian ini, pelatihan pemanfaatan limbah botol kaca menjadi asbak dilakukan agar menambah kreativitas dan keterampilan masyarakat dalam upaya pemanfaatan limbah. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap isu-isu penting mendaur ulang serta pemanfaatan limbah di sekitar lingkungan dan membuka lapangan kerja baru.

Kegiatan ini dilakukan dengan metode berkumpul atau bertemu secara langsung di mana peserta berpasrtisipasi dalam kegiatan pembuatan asbak secara langsung. Hasil dari pemanfaatan ini adalah asbak dari limbah botol kaca yang dibuat peserta, dengan menggunakan alat yang telah di sediakan. Dengan demikian, masyarakat dapat berpartisipasi dalam program 3R (reduce, reuse, recycle) dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Masyruroh A, Rahmawati I. (2021). Pembuatan Recycle Plastik HDPE Sederhana Menjadi Asbak. Jurnal ABDIKARYA.

Sirfiandi, R. (2022). Eksistensi Bank Sampah dalam pengelolaan sampah untuk kelestarian lingkungan hidup di Desa Mujur Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Teng (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Haq, B., N., & Kharishma, V., & Krishnamurti, M., I. (2020). Pelatihan Melukis dengan Cat Air untuk Siswa Rumah Pintar Anak Pesisir Muara Angke. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA,Vol. 5, No. 2, Desember 2020, 39-45.

Maity, Subhankar & Singha, Kunal & Pandit, Pintu & Ray, Amal. (2020). Circular Economy in Fashion and Textile From Waste. Scrivener Publishing LLC, John Wiley & Sons.

Lestari, N. E., Purnama, A., Safitri, A., & Koto, Y. (2020). Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Pemilahan Sampah Pada Anak Usia Sekolah Melalui Metode Simulasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Maju, 1(2), 45–50.

Downloads

Published

2024-07-02

How to Cite

LUKI SRI AANGGORO, VICKY HANGGARA, ARY PRAWANINGRUM, WAHYU SLAMET PRIHATIN, KURNIAWAN WAHYU SAPUTRA, & ARRIF WAHYUDI. (2024). PEMANFAATAN LIMBAH BOTOL KACA MENJADI ASBAK YANG BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT. KRIDA CENDEKIA, 3(01). Retrieved from http://kridacendekia.com/index.php/jkc/article/view/175