PELATIHAN ANIMASI TINGKAT BASIC MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA SISWA SMK HUTAMA PONDOK GEDE, BEKASI-JAWA BARAT

Authors

  • NUR AZIS UNIVERSITAS KRISNADWIPAYANA

Keywords:

Animasi, Pembelajaran , Storyboard, Keyframes, Siswa

Abstract

Animasi merupakan salah satu media yang memiliki peranan sangat penting dalam proses pembelajaran. Dengan adanya animasi, diharapkan peserta didik dapat belajar secara mandiri serta terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Di lingkungan pendidikan formal, animasi memiliki potensi untuk mengklarifikasi konsep-konsep yang abstrak dan sulit dipahami dalam membantu pemahaman konseptual siswa. Potensi tersebut dapat dioptimalkan melalui proses pengembangan animasi yang akurat terkait topik tertentu yang akan diajarkan. Salah satu cara untuk menjaga akurasi materi animasi adalah dengan melakukan tinjauan kritis secara berkala terhadap informasi yang digambarkan dalam animasi untuk siswa. Mungkin saja, sebuah animasi tentang suatu materi pelajaran justru menjadi terlalu rumit bagi siswa. Untuk mengembangkan animasi yang akurat diperlukan langkah-langkah runut, mulai dari pembuatan storyboard, definisi objek atau karakter, spesifikasi keyframes, dan pembuatan frames di antara keyframes. Validasi storyboard memungkinkan untuk melihat pergeseran alur dalam adegan dan dialog secara lebih jelas dan lebih rinci. Kunci penyusunan storyboard terletak pada penyusunan script yang memuat inti materi yang akan disampaikan atau diterjemahkan ke dalam sketsa animasi. Dari storyboard tersebut dapat diketahui objek atau karakter yang perlu dibuat untuk kemudian diolah menjadi animasi utuh dalam penggabungan keyframes dan frames.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afif, Nur, Arif Sulistiyono, and Pandan Pareanom Purwacandra. 2017. “Penciptaan Film Animasi ‘Afeksi’ Dengan Teknik Digital 2 Dimensi Melalui Pendekatan Surealis.” Journal of Animation & Games Studies 3(1):33.

Aziz, Zuhdan. 2019. “Fluxus Animasi Dan Komunikasi.” Channel Jurnal Komunikasi 7(1):49–58.

Firmansyah, Dani. 2015. “Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Pendidikan Unsika 3(1):34–44.

Sunhaji, Sunhaji. 2014. “Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Jurnal Kependidikan 2(2):30–46.

Suparni. 2016. “Metode Pembelajaran Membaca Doa Berbasis Multimedia Untuk Anak Usia Dini.” 2(1):57–63.

Downloads

Published

2021-08-02

How to Cite

AZIS, N. . (2021). PELATIHAN ANIMASI TINGKAT BASIC MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA SISWA SMK HUTAMA PONDOK GEDE, BEKASI-JAWA BARAT. KRIDA CENDEKIA, 1(03). Retrieved from http://kridacendekia.com/index.php/jkc/article/view/20