PEMBINAAN PADA ORANG TUA UNTUK MENGATASI KECANDUAN ANAK TERHADAP GADGET MELALUI LITERASI MEDIA DI DESA PADANG SAKTI KECAMATAN MUARA SATU KOTA LHOKSEUMAWE

Authors

  • MULIANA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA, FKIP, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH
  • HAYATUN NUFUS PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA, FKIP, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH
  • NURAINA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA, FKIP, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH
  • SYARIFAH RITA ZAHARA PRODI PENDIDIKAN FISIKA, FKIP, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH

Keywords:

Kecanduan, Gadget, Literasi

Abstract

Dampak dari masa pandemi Covid-19 membuat keterbatasan masyarakat dan anak dalam beraktifitas dan yaitu ditinjau dari segi pendidikan, salah satunya adalah desa Padang Sakti Kec Muara Satu Kota Lhokseumawe. Kegiatan proses belajar mengajar anak-anak usia sekolah sehari-hari tidak dilakukan di sekolah melainkan dirumahnya masing-masing.Berdasarkan hasil observasi bahwasanya orang tua yang bekerja di luar rumah sebagai buruh dan petani, tidak dapat melakukan pengawasan secara menyeluruh terhadap aktivitas penggunaan gadget anak. Salah satu alternatifnya adalah dengan melakukan pembinaan terhadap orang tua, dimana orang tua perlu mendapatkan pendidikan literasi media agar dapat menjadi orang tua yang baik dalam membantu anak lepas dari kecanduan gadget.

Metode yang digunakan yaitu Tahapan pertama, melakukan pendekatan masyarakat. Tahap kedua, melakukan pengambilan data awal. Tahap tiga, melakukan identifikasi masalah. Tahap keempat, melakukan analisis dari setiap masalah. Tahap terakhir, menentukan solusi. Mitra sebagai peserta sosialisasi dan aktif berperan dalam kegiatan diskusi/tanya jawab. Mitra terlibat secara keseluruhan dalam program kegiatan pengabdian meliputi perumusan permasalahan, penjadwalan kegiatan, pelaksanaan program kegiatan hingga tahap evaluasi kegiatan. Hasil dari kegiatan ini yaitu bertambahnya wawasan orang tua mengenai pembelajaran daring dan juga cara pencegahan kecanduan gadget pada anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chen, C.-Y., & Chang, S.-L. (2008). An Exploration of the Tendency to Online Game Addiction Due to User’s Liking of Design Features. Asian Journal of Health and Information Sciences, 3(4), 38–51

Irawan, A. W., Dwisona, D., & Lestari, M. (2020). Psychological Impacts of Students on Online Learning During the Pandemic Covid-19. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (EJournal), 7(1), 53–60. https://doi.org/10.24042/kons.v7i1.638 9

Lukman, I, R& Ulfa, A, M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kognitif kimia siswa SMA melalui pengembangan media pembelajaran berbasis Android. JINOTEP (Jurnal inovasi Teknologi Pembelajaran). Vol 7 No 2 Hal 157-164.

Muhammad, I. (2020). Pengaruh Perkuliahan Daring Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Malikussaleh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI Volume 4, No. 1, Juni 2020, pp. 24-30

Potter, W, James .(2001). Media Literacy, New Delhi, Sage Publica

Downloads

Published

2021-12-14

How to Cite

MULIANA, HAYATUN NUFUS, NURAINA, & SYARIFAH RITA ZAHARA. (2021). PEMBINAAN PADA ORANG TUA UNTUK MENGATASI KECANDUAN ANAK TERHADAP GADGET MELALUI LITERASI MEDIA DI DESA PADANG SAKTI KECAMATAN MUARA SATU KOTA LHOKSEUMAWE. KRIDA CENDEKIA, 1(05). Retrieved from http://kridacendekia.com/index.php/jkc/article/view/51