MEKANISME PEMBERDAYAAN PEREMPUAN BIDANG KEWIRAUSAHAAN DALAM MEWUJUDKAN DESA WONODOYO MENJADI DESA RAMAH PEREMPUAN DAN PEDULI ANAK (DRPPA)

Authors

  • HENI LESTARI DWI FITRIYANTI Fakultas Hukum, Universitas Boyolali.
  • BUTUH DAMAI SAPUTRA Fakultas Ekonomi, Universitas Boyolali.
  • CATUR AGUS SUPRIYADI Fakultas Pertanian Peternakan, Universitas Boyolali.
  • ERINA MAWANTI Fakultas Ekonomi, Universitas Boyolali.
  • KHOIRUL HIDAYAH Fakultas Ekonomi, Universitas Boyolali.
  • SRI LESTARI Fakultas Hukum, Universitas Boyolali.
  • SITI HARTATIK Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Boyolali.
  • RAHMA PUTRI PRAMUDITA Fakultas Ekonomi, Universitas Boyolali.
  • HERMAWANTO Fakultas Ekonomi, Universitas Boyolali.
  • AGHDANI RIFKIANTO ADAM Fakultas Pertanian Peternakan, Universitas Boyolali.
  • ROSO PRAJOKO Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Boyolali.
  • ARIS BUDI PRASETYO Fakultas Pertanian Peternakan, Universitas Boyolali.

Keywords:

KKN, Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak, Pengarusutamaan Gender

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk kegiatan untuk perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat Desa Wonodoyo terciptalah suatu sinergi antara mahasiswa dan juga perangkat desa serta masyarakat setempat khususnya perempuan dalam upaya pemberdayaan perempuan. Pengabdian mahasiswa dalam hal tersebut yakni memberikan sosialisasi dalam mewujudkan Desa Wonodoyo menjadi Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak dengan menjelaskan indikator pemberdayaan perempuan dalam bidang kewirausahaan yang mana hal tersebut sesuai arahan Presiden Republik Indonesia kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yaitu peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan yang berperspektif gender. Dalam hal ini metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan atau disebut metode “Field Research”. Tujuan dari sosialisasi ini yaitu agar masyarakat Desa Wonodoyo khususnya perempuan mendapatkan pengetahuan lebih tentang pentingnya kewirausahaan dalam pemberdayaan perempuan sehingga mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah desa serta pemerintahan pusat untuk meningkatkan kesejahteraannya sehingga Desa Wonodoyo bisa menjadi Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusni, Sulikanti.2012. Kebijakan dan Strategi Peningkatan Produktivitas Ekonomi Perempuan (PPEP). Jakarta: Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. www.perpustakaan.bappenas.go.id.

https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/3966/gandeng-banyak-pihak-kemenpppa-lakukan-strategi-drppa-dan-krppa

https://www.cips-indonesia.org/post/opini-potensi-dan-tantangan-wirausaha-perempuan-dalam-perekonomian-indonesia?lang=id

https://m.antaranews.com/berita/1112696/yohana-kesetaraan-gender-sebagai-kunci-keluarga-harmonis

Kabupaten Boyolali.2022. Peraturan Daerah Kabupaten Boyolali Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pengarusutamaan Gender. Pemerintahan Boyolali : Boyolali.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

HENI LESTARI DWI FITRIYANTI, BUTUH DAMAI SAPUTRA, CATUR AGUS SUPRIYADI, ERINA MAWANTI, KHOIRUL HIDAYAH, SRI LESTARI, SITI HARTATIK, RAHMA PUTRI PRAMUDITA, HERMAWANTO, AGHDANI RIFKIANTO ADAM, ROSO PRAJOKO, & ARIS BUDI PRASETYO. (2023). MEKANISME PEMBERDAYAAN PEREMPUAN BIDANG KEWIRAUSAHAAN DALAM MEWUJUDKAN DESA WONODOYO MENJADI DESA RAMAH PEREMPUAN DAN PEDULI ANAK (DRPPA). KRIDA CENDEKIA, 2(02). Retrieved from https://kridacendekia.com/index.php/jkc/article/view/136

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)