EDUKASI DAN PELATIHAN PEMBUATAN PRODUK LULUR DARI HASIL ASMAN TOGA DI DESA WONODOYO

Authors

  • BUTUH DAMAI SAPUTRA Fakultas Ekonomi, Universitas Boyolali
  • CATUR AGUS SUPRIYADI Fakultas Pertanian Peternakan, Universitas Boyolali
  • ERINA MAWANTI Fakultas Ekonomi, Universitas Boyolali
  • KHOIRUL HIDAYAH Fakultas Ekonomi, Universitas Boyolali
  • HENI LESTARI DWI FITRIYANTI Fakultas Hukum, Universitas Boyolali
  • SRI LESTARI Fakultas Hukum, Universitas Boyolali
  • SITI HARTATIK Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Boyolali
  • RAHMA PUTRI PRAMUDITA Fakultas Ekonomi, Universitas Boyolali
  • HERMAWANTO Fakultas Ekonomi, Universitas Boyolali
  • AGHDANI RIFKIANTO ADAM Fakultas Pertanian Peternakan, Universitas Boyolali
  • ROSO PRAJOKO Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Boyolali
  • ARIS BUDI PRASETYO Fakultas Pertanian Peternakan, Universitas Boyolali

Keywords:

Asman Toga, Sosialisasi, Branding, Digital Marketing, HAKI

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pelatihan kepada masyarakat di Desa Wonodoyo tentang pembuatan produk lulur dari hasil tumbuhan obat keluarga (Asman Toga). Metode pengabdian yang digunakan adalah observasi, persiapan, pendekatan partisipatif melalui sosialisasi yang melibatkan masyarakat setempat sebagai peserta, dan pelatihan secara langsung dengan masyarakat. Peserta diberikan informasi mengenai jenis-jenis tumbuhan obat yang dapat digunakan sebagai bahan baku lulur, proses pembuatan dan manfaatnya bagi kesehatan kulit.

Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa edukasi dan pelatihan ini efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam membuat produk lulur yang berasal dari tumbuhan obat keluarga. Mereka dapat mengidentifikasi tumbuhan obat yang cocok, ekstraksi yang tepat serta menghasilkan lulur yang berkualitas. Selain itu, peserta juga menunjukkan minat yang tinggi dalam mengembangkan usaha produk lulur berbasis tumbuhan obat sebagai upaya untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Diharapkan melalui edukasi dan pelatihan ini, masyarakat dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas usaha mereka dengan menciptakan konten yang inovatif dan menarik, serta membantu masyarakat dalam memahami pemasaran online dan pengelolaan usaha melalui website, sosial media dan marketplace. Kegiatan pelatihan ini menunjukkan upaya pemberdayaan masyarakat lokal dan pelaku UMKM dengan membekali mereka dengan keterampilan pemasaran digital untuk meningkatkan peluang ekonomi dan jangkauan pasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu Maulinda, W., Anggi A.P., Galang. B. (2019). Pelatihan Digital Marketing Strategy Untuk Mencapai Kemandirian Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 3, No. 1.

Baladraf, M.I.F., Sembodo, G., Hasanah, L.U & Pramono. A. (2018). Pelatihan Sukses Berbisnis Online Memajukan Perekonomian Masyarakat Melalui Pemasaran Online Putat Jaya Surabaya. Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, Vol 01, No 1.

Fitri Amja Yani, S. (2023). Kearifan Lokal Dalam Pemberdayaan Dan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Untuk Meningkatkan Kesehatan Masyarakat (Studi Literatur). Jurnal Medika Nusantara, 169-179.A.D. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Jurnal Abdimas BSI, 100-109

Intelektual, H.K., Tradisional,M., & Right, I.P. (2018). Perlindungan Kekayaan Intelektual Masyarakat Tradisional. Pengabdian Masyarakat Unpad, 2(1410-5610), 7.

Nukmatus Syahria, A.D. (2018), Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan toga Instan Guna Meningkatkan Inovasi Dan Konsumtif Masyarakat. Penamas Adi Buana.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

BUTUH DAMAI SAPUTRA, CATUR AGUS SUPRIYADI, ERINA MAWANTI, KHOIRUL HIDAYAH, HENI LESTARI DWI FITRIYANTI, SRI LESTARI, SITI HARTATIK, RAHMA PUTRI PRAMUDITA, HERMAWANTO, AGHDANI RIFKIANTO ADAM, ROSO PRAJOKO, & ARIS BUDI PRASETYO. (2023). EDUKASI DAN PELATIHAN PEMBUATAN PRODUK LULUR DARI HASIL ASMAN TOGA DI DESA WONODOYO. KRIDA CENDEKIA, 2(02). Retrieved from https://kridacendekia.com/index.php/jkc/article/view/137

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)