PELATIHAN DAN PEMBUATAN ECOPRINTED TOTEBAG SEBAGAI MATERI PRAKARYA RAMAH LINGKUNGAN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI MRAWUN

Authors

  • RADITYA GILANG PRAMUDYA Universitas Boyolali
  • NOVITA ANGGUN RAHMAWATI Universitas Boyolali
  • MEYLANO NOVI PRATAMA Universitas Boyolali
  • SAIFUL MUJIB Universitas Boyolali
  • GALANG AMIRRUL UMMAM Universitas Boyolali
  • LEINA IFAH HAYATI Universitas Boyolali
  • CILLA NEZA PRATAMA Universitas Boyolali
  • WURI NUR HAYATI Universitas Boyolali
  • DIMAS ARCHELLINO Universitas Boyolali
  • LAILA ISNA RUFAIDA Universitas Boyolali
  • PRAMUDITA RARA ADISTY Universitas Boyolali

Keywords:

Pelatihan, Ecoprinted Totebag, Siswa

Abstract

Kegiatan Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kegiatan, ketrampilan, serta pemahaman siswa kelas V dan VI SD Negeri Mrawun, dalam memanfaatkan bahan alami yaitu antara lain daun, bunga, batang atau bagian tubuh lain yang mengandung pigmen warna dengan media kain tertentu untuk membuat ecoprinting yang diaplikasikan dalam totebag. Kegiatan ini dilaksanakan melalui metode penyuluhan, praktek pembuatan ecoprint secara langsung, serta evaluasi kegiatan. Partisipasi dan antusiasme siswa SDN Mrawun dalam kegiatan sangat baik, kelompok mitra berkontribusi aktif dalam pengadaan keperluan pelatihan ecoprint serta aktif berbagai pengalaman dalam pembuatan totebag dengan teknik ecoprint. Dampak dari kegiatan pelatihan ecoprint yaitu mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan, serta lebih optimalnya kelas prakarya yang tersinergi dengan kearifan lokal dan ramah lingkungan dengan memanfatkan bahan alami di lingkungan sekitarnya menjadi produk yang bernilai ekonomis. Kegiatan pelatihan ecoprint di SDN Mrawun ini sangat bermanfaat dan diharapkan dapat berkelanjutan sebagai materi prakarya yang memiliki peluang usaha sehingga dapat memupuk jiwa entrepreneurship siswa sejak dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, N., SI, A. H., Hapsari, K., & Nafsiah, A. (2021). Pembuatan Ecoprint Pada Tote Bag di Perumahan Bulan Terang Utama Malang. Prosiding Hapemas, 2(1), 132–139.

Asmara, D. A. (2020). Penerapan teknik ecoprint pada dedaunan menjadi produk bernilai jual. Jurnal Pengabdian Seni, 1(2), 16–26.

Baroroh, I., & Yahya, A. (2022). Aplikasi Tong Sampah Otomatis Berbasis Mikrokontroler Untuk Memudahkan Proses Pembuangan Sampah Di Desa Bedahlawak Kecamatan Tembelang. Rambideun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 77-84.

Darmawati, E. (2021). Penerapan Teknik Ecoprint Pewarna Daun Jati Pada Kulit Tersamak Terhadap Ketajaman Warna Dan Ketahanan Luntur. Berkala Penelitian Teknologi Kulit, Sepatu, Dan Produk Kulit, 20(1).

Hidayat, R., Aisa, A., Nashoih, A. K., Safitri, R., Putri, T. S., Dani, A. A. K., & Munir, M. (2023). Optimalisasi Softskill Santri TPQ Desa Gongseng Jombang melalui Pelatihan Bahasa Arab dan Tajwid. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 50–53.

Maharani, A. (2018). Motif dan Pewarnaan Tekstil di Home Industry Kaine Art Fabric “Ecoprint Natural Dye.” Pend. Seni Kerajinan-S1 (e-Craft), 7(4), 383–394.

Pressinawangi, K. P., Nissa, R. R., & Widiawati, D. (2014). Eksplorasi teknik ecoprint dengan menggunakan limbah besi dan pewarna alami untuk produk fashion. Bandung Institute of Technology.

Prihatiningtyas, S., Sholihah, F. N., & Nugroho, M. W. (2020). Peningkatan Pemahaman Dan Keterampilan Masyarakat Dalam Memanfaatkan Limbah Cair Tahu Sebagai Biogas Di Dusun Bapang Kabupaten Jombang. JURNAL ABDIMAS BSI, 3(1), 102-108.

Downloads

Published

2024-09-13

How to Cite

RADITYA GILANG PRAMUDYA, NOVITA ANGGUN RAHMAWATI, MEYLANO NOVI PRATAMA, SAIFUL MUJIB, GALANG AMIRRUL UMMAM, LEINA IFAH HAYATI, CILLA NEZA PRATAMA, WURI NUR HAYATI, DIMAS ARCHELLINO, LAILA ISNA RUFAIDA, & PRAMUDITA RARA ADISTY. (2024). PELATIHAN DAN PEMBUATAN ECOPRINTED TOTEBAG SEBAGAI MATERI PRAKARYA RAMAH LINGKUNGAN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI MRAWUN. KRIDA CENDEKIA, 3(03). Retrieved from https://kridacendekia.com/index.php/jkc/article/view/207

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)