EFISIENSI PENGGUNAAN PUPUK KIMIA DENGAN MEMANFAATKAN LIMBAH KOHE DAN POC UNTUK MENINGKATKAN HASIL PERTANIAN DI DESA SAMPETAN

Authors

  • AAN BAGUS SUTANTO Universitas Boyolali
  • ZAKARIA HUSEIN ABDURRAHAHMAN Universitas Boyolali
  • TEGAR HARBRIYANA PUTRA Universitas Boyolali
  • LUKI SRI ANGGOROWATI Universitas Boyolali
  • VIRZHA REYNATA PUTRI Universitas Boyolali
  • HERI IRWANTO Universitas Boyolali
  • SUNDI PRASETYO Universitas Boyolali
  • AQILA FATCHAN CHANIN Universitas Boyolali
  • YUSUF MAHAINDRA Universitas Boyolali
  • FITA NURNA SARI Universitas Boyolali
  • HARIS MARDIYANTO NUGROHO Universitas Boyolali
  • RATRI DEWI HAPSARI Universitas Boyolali
  • NOOR HALIZA Universitas Boyolali
  • RAKHMAT AGUSTIYARNO Universitas Boyolali
  • MOH EDO NEFVIAN Universitas Boyolali

Keywords:

Amonia, Biodiversitas, Erosi, KOHE, KT, POC.

Abstract

Pertanian masih menjadi mata pencaharian sebagian besar tenaga kerja Indonesia, terutama yang tinggal dipedesaan. Peningkatan biaya produksi pertanian akibat kenaikan harga pupuk kimia mendorong petani untuk mencari alternatif yang lebih ekonomis. Meskipun investasi awal untuk pembuatan pupuk organik lebih tinggi, namun keuntungan yang diperoleh dari peningkatan produksi dan kualitas hasil panen dapat menutupi biaya tersebut dalam jangka waktu tertentu. Penggunaan pupuk organik dapat mengurangi kadar nitrat dan fosfat pada air tanah, serta mengurangi emisi gas rumah kaca seperti amonia dan nitrous oksida. Selain itu, pupuk organik juga dapat meningkatkan biodiversitas mikroorganisme tanah, sehingga memperbaiki kualitas tanah dan ekosistem secara keseluruhan.Kelompok Tani (KT) adalah suatu wadah yang dapat  dijadikan oleh petani sebagai kesempatan untuk berpartisipasi dalam pembangunan  dibidang pertanian. Pemanfaatan kotoran hewan sebagai pupuk dan praktek pembuatan pupuk organik cair dicoba diterapkan pada perwakilan Kelompok Tani (KT) setiap Dusun di Desa Sampetan, Kecamatan Galadagsari, Kabupaten Boyolali. KT di Sampetan merupakan kelompok bapak-bapak dalam kegiatan yang produktif dibidang pertanian (budidaya, pengolahan  dan usaha). Kegiatan pengabdian ini bertekad untuk menyosialisasikan kepada masyarakat  tentang pemanfaatan Kotoran Hewan (KOHE) dan praktek pembuatan Pupuk organik cair (POC) untuk mengolah limbah peternakan atau limbah organik sampah dapur rumah tangga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, F. (2021). Pelatihan Pembuatan Pupuk Cair Organik dari Air Kelapa dan Molase, Nasi Basi, Kotoran Kambing Serta Activator Jenis Produk EM4. JIMAWAbdi, 1(2).

Amirullah. 2011, Pembuatan pupuk Organik Cair, BPTP Sulawesi Selatan. Dikutip dari Sulsel, Litbang. Pertanian. Go.id. pada tanggal 8 Januari 2019.

Nurjannah, N., Afdatullah, L., Abdullah, D. N., Jaya, F., & Ifa, L. (2019). Pembuatan Pupuk Organik Padat dengan Cara Aerob. Journal of Chemical Process Engineering, 4(2). 90–96. https://doi.org/10.33536/jcpe.v4i2.467.

Santi,SS.,2008.Kajian Pemanfaatan Limbah Nilam untuk Pupuk Cair Organik dengan Proses Fermentasi. Jurnal teknik Kimia Vol 4. No.2 April 2010.

Setiawati, T., Karimah, E., & Supriatun, T. (2017). Aplikasi pupuk kotoran hewan (kohe) kambing dan mulsa serasah daun bambu untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman seledri (Apium Graveolens L. var. Secalinum Alef.). Jurnal EduMatSains, 2(1). 29–42.

Sholihah, A., Abdul Latif, M., Al Ayubi, R., Adi Prasetyo, D. Y., Irwansyah, H., Hasanah, I. U., Rohadatul Aisy, R. H., Setyo Utami, N. F., Maesaroh, M., Shakila, A.,

Zamarudah, Z., & Rahmasari, D. A. (2021). Pemanfaatan Tanaman Paitan yang Berlimpah Sebagai POC (Pupuk Organik Cair) Guna Mendukung Pertanian Ramah Lingkungan. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(4). https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i4.8790.

Suhastyo, A. (2017). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2): 63-68.

Downloads

Published

2024-09-26

How to Cite

AAN BAGUS SUTANTO, ZAKARIA HUSEIN ABDURRAHAHMAN, TEGAR HARBRIYANA PUTRA, LUKI SRI ANGGOROWATI, VIRZHA REYNATA PUTRI, HERI IRWANTO, SUNDI PRASETYO, AQILA FATCHAN CHANIN, YUSUF MAHAINDRA, FITA NURNA SARI, HARIS MARDIYANTO NUGROHO, RATRI DEWI HAPSARI, NOOR HALIZA, RAKHMAT AGUSTIYARNO, & MOH EDO NEFVIAN. (2024). EFISIENSI PENGGUNAAN PUPUK KIMIA DENGAN MEMANFAATKAN LIMBAH KOHE DAN POC UNTUK MENINGKATKAN HASIL PERTANIAN DI DESA SAMPETAN. KRIDA CENDEKIA, 3(03). Retrieved from https://kridacendekia.com/index.php/jkc/article/view/212

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)