PENGEMBANGAN POTENSI UMKM DUKUH CANDIREJO,DESA GEDANGAN,KECAMATAN CEPOGO,KABUPATEN BOYOLALI

Authors

  • FERA TRI WULANDARI Fakultas Komunikasi dan Teknik Informatika, Universitas Boyolali
  • AGNES AYU WIDIASTUTI Fakultas Komunikasi dan Teknik Informatika, Universitas Boyolali
  • TEGAR HARBRIYANA PUTRA Fakultas Hukum, Universitas Boyolali
  • WISNU ROBBY WIBOWO Fakultas Hukum, Universitas Boyolali
  • RIYAN WIDAYAT Fakultas Hukum, Universitas Boyolali
  • PUTRI NOVITASARI Fakultas Ekonomi, Universitas Boyolali
  • VINA AYU SAFITRI Fakultas Ekonomi, Universitas Boyolali
  • MOHAMMAD ALIF SEPTIAN Fakultas Ekonomi, Universitas Boyolali
  • BRIAN EDYTAMA RIMBA SEGARA Fakultas Ekonomi, Universitas Boyolali
  • AFIYATUL MASRUROH Fakultas Ekonomi, Universitas Boyolali
  • AGHESTI AYU HAPSARI Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Boyolali
  • DWI IRWANSYAH Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Boyolali

Keywords:

Keripik Jamur dan Keripik Daun Adas, UMKM

Abstract

Perkembangan UMKM yang banyak ditemukan adalah industri rumahan. Dimana industri ini dimiliki oleh perorangan dan dijalankan oleh perorangan sendiri. Pelaksanaan kegiatan ini pengembangan UMKM keripik jamur tiram dan stick daun adas di Dukuh Candirejo, Desa Gedangan  dengan metode Participatory Action Research (PAR) dengan tahapan pelaksanaan yang dilakukan adalah persiapan, pelatihan pembuatan keripik jamur tiram dan stick daun adas, dan pelatihan pemasaran secara offline maupun online. Pendampingan, Evaluasi dalam kegiatan ini menghasilkan dampak yaitu, bertambahnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengembangan keahlian yang dimiliki, meningkatkan wawasan masyarakat tentang pentingnya pemanfaatan media online untuk promosi, dapat meningkatkan pendapatan bagi masyarakat di daerah tersebut, mengembangkan kesejahteraan masyarakat yang diselaraskan dengan Desa Wisata dan diproduksi dan dipasarkan melalui desa wisata Candisari di Desa Gedangan. Pelaku UMKM yang memproduksi keripik jamur tiram dan stik daun adas, karena dalam mendukung pengembangan wisata di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali. Mahasiswa KKN Universitas Boyolali melakukan pendampingan pengembangan pariwisata halal berbasis kearifan lokal dan e-commerce  untuk membantu pelaku UMKM Desa Gedangan.

Untuk mencapai tujuan membentuk pelaku UMKM, mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mengadakan pelatihan dan pembinaan manajemen serta pendampingan e-commerce bagi Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS)  dan kelompok UMKM. Pengembangan dan Pelatihan tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 21 November 2023 pada pukul 10.00 WIB - selesai untuk keripik jamur tiram dan pelaksanaan pengembangan dan pelatihan pada hari Jumat, 24 November 2023 pada pukul 09.00 WIB - selesai untuk pembuatan keripik daun adas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jauhari. (2010). Upaya pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) dengan memanfaatkan e-commerce. JSI: Jurnal Sistem Informasi, Vol.2 No.1.

Nisawati, I., & Yahya A. (2021) Wujud Ekonomi Kreatif Ibu Rumah Tangga Jurnal Abdimas Pelita Bangsa. Vol.2 No.2, Oktober 2021.

Parjimo, & Andoko, A. (2013). Budidaya Jamur (Jamur Kuping, Jamur Tiram,Jamur Merang). Agromedia.

Parnanto,. R,. H,. N,. Qonita,. A,. R,. Riptanti,. W,. E,. (2019). Peningkatan Kualitas Dan Kapasitas Jamur Crispy Di Ukm Mister R Jamur Crispy. Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret.

Sagaf, M., Setiyowati, D., Kusumodestoni, R. H., & Hidayat, S. (2022). Pengembangan Usaha Jamur Tiram Melalui Diversifikasi Produk Jamur Crispy di Batealit Jepara. Abdimas Universal, Vol.4 No.2, 218–224.

Sururi, A. (2015). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pemberdayaan UMKM Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kecamatan Wanasalam Kabupaten Lebak., 3(2), 1-25

Wardani, C. (2014). Kadar Protein Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus) Pada Media Campuran Serbuk Gergaji, Ampas tebu dan Arang Sekam. Jurnal Publikasi.

Zulfarina, Suryawati, E., Yustina, Putra, R. A., & Taufik, H. (2019). Budidaya Jamur Tiram dan Olahannya untuk Kemandirian Masyarakat Desa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), Vol.5 No.3, 358–370

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

FERA TRI WULANDARI, AGNES AYU WIDIASTUTI, TEGAR HARBRIYANA PUTRA, WISNU ROBBY WIBOWO, RIYAN WIDAYAT, PUTRI NOVITASARI, VINA AYU SAFITRI, MOHAMMAD ALIF SEPTIAN, BRIAN EDYTAMA RIMBA SEGARA, AFIYATUL MASRUROH, AGHESTI AYU HAPSARI, & DWI IRWANSYAH. (2023). PENGEMBANGAN POTENSI UMKM DUKUH CANDIREJO,DESA GEDANGAN,KECAMATAN CEPOGO,KABUPATEN BOYOLALI. KRIDA CENDEKIA, 2(03). Retrieved from http://kridacendekia.com/index.php/jkc/article/view/150

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.