PENGEMBANGAN OBJEK WISATA CANDI SARI, DUKUH CANDI SARI, DESA GEDANGAN KECAMATAN CEPOGO, KABUPATEN BOYOLALI

Authors

  • FERA TRI WULANDARI Fakultas Komunikasi dan Teknik Informatika, Universitas Boyolali
  • AGNES AYU WIDIASTUTI Fakultas Komunikasi dan Teknik Informatika, Universitas Boyolali
  • TEGAR HARBRIYANA PUTRA Fakultas Hukum, Universitas Boyolali
  • WISNU ROBBY WIBOWO Fakultas Hukum, Universitas Boyolali
  • RIYAN WIDAYAT Fakultas Hukum, Universitas Boyolali
  • PUTRI NOVITASARI Fakultas Ekonomi, Universitas Boyolali
  • VINA AYU SAFITRI Fakultas Ekonomi, Universitas Boyolali
  • MOHAMMAD ALIF SEPTIAN Fakultas Ekonomi, Universitas Boyolali
  • BRIAN EDYTAMA RIMBA SEGARA Fakultas Ekonomi, Universitas Boyolali
  • AFIYATUL MASRUROH Fakultas Ekonomi, Universitas Boyolali
  • AGHESTI AYU HAPSARI Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Boyolali
  • DWI IRWANSYAH Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Boyolali

Keywords:

Candi Sari, Pasar Ngatpon, Wisata, Renovasi

Abstract

Objek wisata bersejarah memiliki potensi besar untuk menjadi daya tarik pariwisata yang berkelanjutan. Salah satu destinasi bersejarah yang memiliki nilai budaya tinggi adalah Candi Sari, Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan objek wisata yang dapat meningkatkan daya tarik dan keberlanjutan objek wisata Candi Sari.

Metode penelitian yang digunakan melibatkan survei lapangan, wawancara dengan pihak terkait, dan analisis dokumentasi untuk memahami kondisi candi sari saat ini dan potensi pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Candisari memiliki nilai sejarah dan arsitektur yang tinggi, namun menghadapi beberapa tantangan seperti kurangnya fasilitas pendukung,  kurangnya promosi, kurangnya spot foto, gapura dan kurang adanya penunjuk arah untuk para pengungjung.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, pengembangan yang dilakukan dengan penambahan fasilitas toilet, penambahan spot foto dan penunjuk arah. Selain itu, promosi melalui media sosial dan kolaborasi dengan pihak pariwisata setempat dapat meningkatkan visibilitas Candi Sari. Dengan pembahan beberapa spot foto yang akan menambah daya Tarik pengunjung. Dalam upaya menjaga keberlanjutan, pengelolaan lingkungan dan konservasi situs sejarah harus menjadi fokus utama dari Candi Sari.

Penerapan strategi pengembangan ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, memberikan dampak positif terhadap ekonomi lokal, dan menjaga kelestarian sejarah dan budaya. Hasil penelitian ini dapat menjadi panduan bagi pihak terkait dalam merencanakan dan melaksanakan pengembangan objek wisata bersejarah untuk mencapai pariwisata yang berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chamdani, Usman. 2018. Media Massa & Pariwisata Pedesaan. Yogyakarta: CV Budi Utama

Hadiwijoyo, Suryo S. 2012. “Perencanaan Pariwisata Perdesaan Berbasis Masyarakat (Sebuah PendekatanKonsep). Graha Ilmu, Yogyakarta.

Karyono, Hari. 1997. Kepariwisataan. Jakarta: Gramedia Widia Sarana IndonesiaSuwena, I Ketut (2010). “Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata”. Denpasar: Udayana

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

FERA TRI WULANDARI, AGNES AYU WIDIASTUTI, TEGAR HARBRIYANA PUTRA, WISNU ROBBY WIBOWO, RIYAN WIDAYAT, PUTRI NOVITASARI, VINA AYU SAFITRI, MOHAMMAD ALIF SEPTIAN, BRIAN EDYTAMA RIMBA SEGARA, AFIYATUL MASRUROH, AGHESTI AYU HAPSARI, & DWI IRWANSYAH. (2023). PENGEMBANGAN OBJEK WISATA CANDI SARI, DUKUH CANDI SARI, DESA GEDANGAN KECAMATAN CEPOGO, KABUPATEN BOYOLALI. KRIDA CENDEKIA, 2(03). Retrieved from http://kridacendekia.com/index.php/jkc/article/view/149